Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Kerahkan Jet Tempur Cegat Pesawat Militer Rusia Dekat Baltik

Kompas.com - 19/06/2014, 15:38 WIB
LONDON, KOMPAS.COM - Inggris, Rabu (18/6/2014), mengatakan, pihaknya telah mengerahkan sejumlah jet tempur Typhoon untuk mencegat tujuh pesawat militer Rusia yang terbang dekat sejumlah negara Baltik, saat ketegangan antara Barat dan Rusia terkait masalah Ukraina tetap tinggi.

Seorang pejabat NATO mengatakan, pesawat-pesawat Rusia itu bersenjata dan berada di sekitar wilayah udara NATO.

Pesawat-pesawat itu tidak mengajukan rencana penerbangan dan tidak menggunakan transponder mereka. Hal itu membuat pesawat-pesawat itu tidak terpantau pengawas lalu lintas udara sipil dan membahayakan keamanan lalu lintas udara komersial. Karena itulah NATO mencegat pesawat-pesawat tersebut, kata pejabat itu.

NATO bulan lalu menambah jet tempurnya yang berbasis di Baltik jadi tiga kali jumlah sebelumnya sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memperkuat pertahanannya di Eropa Timur setelah aneksasi Rusia atas Crimea. Inggris menyumbangkan empat pesawat Typhoon untuk operasi tersebut.

Kementerian Pertahanan Inggris, Rabu, mengatakan, pihaknya telah meluncurkan sejumlah pesawat Typhoon pada Selasa setelah empat kelompok terpisah pesawat Rusia itu terdeteksi di wilayah udara internasional dekat Baltik oleh pertahanan udara NATO. Pesawat-pesawat Rusia itu diidentifikasi sebagai sebuah pembom Tupolev Tu-22, empat pesawat tempur Sukhoi Su-27, satu pesawat Beriev A-50, dan sebuah pesawat angkut Antonov An-26.

Pesawat-pesawat itu tampaknya melakukan latihan rutin, kata pejabat itu. "Pesawat Rusia itu dipantau sejumlah RAF Typhoon dan dikawal dalam perjalanannya," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Sejumlah pesawat NATO yang berpatroli di Baltik telah berulang kali dikerahkan pada minggu terakhir dalam menanggapi munculnya pesawat militer Rusia. Kamis lalu, Latvia mengatakan sejumlah pesawat tempur NATO dikerahkan empat kali setelah total 16 pesawat militer Rusia terlihat dekat dengan wilayah udara negara itu.

Kantor berita lokal BNS mengutip Perdana Menteri Latvia Laimdota Straujuma pada Senin yang mengatakan bahwa peningkatan aktivitas pesawat militer Rusia merupakan "taktik intimidasi" dan demonstrasi kekuasaan Rusia. "Taktik yang sama digunakan juga di Ukraina dan di tempat lain," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com