Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Siap Bekerja dengan Israel Cari 3 Remaja yang Hilang

Kompas.com - 18/06/2014, 21:38 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, Rabu (18/6/2014), mengatakan para pejabat Palestina siap bekerja sama dengan Israel untuk menjamin pembebasan tiga remaja Israel.

Ketiga remaja itu merupakan siswa di sebuah sekolah seminari Yahudi dan hilang ketika sedang mencari tumpangan antara Bethlehem dan Hebron, pekan lalu. Abbas menambahkan penculik ketiga pemuda itu sedang berupaya untuk menghancurkan Palestina.

Dalam pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam yang berlangsung di Jeddah, Arab Saudi, Abbas mengatakan bahwa kerja sama keamanan diperlukan Palestina.

"Kami tidak ingin kembali ke kerusuhan dan perusakan seperti yang terjadi dalam perlawanan yang kedua. Saya katakan secara terbuka dan jelas. Kami tidak ingin kembali ke perlawanan yang akan menghancurkan kami," papar Abbas.

Namun, kelompok militan Hamas menyayangkan komentar Abbas yang dianggap menghambat kepentingan nasional Palestina.

Bagaimanapun Abbas menuduh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menggunakan insiden penculikan itu untuk 'menekan dan menghancurkan semuanya serta menciptakan kerusuhan'.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya menuduh gerakan Palestina Hamas yang menculik tiga remaja Israel itu.

Israel sudah menangkap kembali 50 warga Palestina yang dibebaskan tahun 2011 sebagai pengganti pembebasan tentara Israel yang diculik, Gilad Shalit.

Tuduhan tersebut sudah dibantah Hamas, yang beberapa waktu lalu mencapai kesepakatan rekonsialisi dengan faksi Hamas setelah bermusuhan selama bertahun-tahun..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com