Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Kecam Serangan Kelompok Militan di Irak

Kompas.com - 12/06/2014, 14:27 WIB
NEW YORK, KOMPAS.COM - Dewan Keamanan PBB mengutuk serangan militer di Irak oleh kelompok militan Islam yang telah menguasai dua kota besar, yaitu Mosul dan Tikrit.

PBB juga memprihatinkan persoalan kemanusiaan di sekitar Mosul, ketika sekitar 500.000 orang telah meninggalkan wilayah itu, saat  peristiwa "mengerikan dan makin memburuk."

Perdana Menteri Irak, Nouri Maliki telah bersumpah untuk melawan Kelompok Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL). Maliki juga mengatakan, dia akan melakukan tindakan hukum terhadap tentara yang melarikan diri atau yang menolak bertempur terhadap kelompok tersebut.

Kelompok militan itu melakukan konsolidasi kekuatannya di Tikrit, kota asal Saddam Hussein, yang telah mereka kuasai pada Selasa lalu, sehari setelah menguasai Mosul, kota kedua terbesar di Irak.

ISIS, yang juga dikenal sebagai ISIL, merupakan bagian dari kelompok Al Qaeda. Mereka mengontrol sebagian besar wilayah di Suriah timur dan Irak bagian barat dan tengah.

Pertempuran Setan

Dalam sebuah pernyataan, Dewan Keamanan PBB mengatakan, mereka "menyesalkan peristiwa yang terjadi baru-baru ini di kota Mosul". Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon menyerukan "masyarakat internasional untuk bersatu dan mendukung pemerintah Irak untuk menghadapi tantangan keamanan serius".

Dewan Keamanan juga menyatakan "prihatin terhadap ratusan ribu orang yang meninggalkan rumah mereka".

Sebelumnya, perwakilan Unicef di Irak, Marzio Babille, mengatakan situasi di Mosul sebagai "mengkhawatirkan".

"Situasi sangat mengerikan dan makin memburuk belakangan. Kita harus membantu anak-anak yang kekurangan air bersih, makanan, dan minimnya perlindungan. Mereka tidak bisa menunggu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com