Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lithuania Memenuhi Syarat untuk Euro

Kompas.com - 04/06/2014, 21:01 WIB
Komisi Eropa dan Bank Sentral Eropa memutuskan Lithuania memenuhi semua kriteria untuk bergabung dengan Eurozone atau negara-negara pengguna mata uang euro.

Dengan keputusan ini maka Lithuania akan mulai menggunakan euro pada Januari 2015 sebagai negara yang ke-19 menggunakannya.

Untuk bisa menggunakan euro maka satu negara harus memiliki utang pemerintah tidak lebih 60 persen dari GDP, inflasi dan suku bunga yang rendah, dan mata uangnya harus stabil tehadap euro.

Dari 28 negara anggota Uni Eropa, hanya Inggris dan Denmark memutuskan untuk tidak menggunakan euro.

Dalam konferensi persnya, Komisaris Ekonomi dan Moneter Uni Eropa, Olli Rehn, memperkirakan tingkat inflasi di Lithuania sebesar 1,1 persen tahun ini dan 1,8 hingga 1,9 persen pada tahun 2015.

Bank Sentral Lithuanian memperkirakan dengan menggunakan euro maka mereka rugi sekitar 2 miliar litas ketika meminjam dana pada masa krisis keuangan.

Tujuh negara Uni Eropa lain yang masih belum menggunakan euro dianggap belum memenuhi syarat, yaitu Bulgaria, Ceko, Kroasia, Hungaria, Polandia, Rumania, dan Swedia.

Rumania sudah mengatakan sasaran untuk menggunakan euro pada tahun 2019, namun keenam lainnya tidak menyebutkan sasaran waktu.

Penggunaan mata uang euro ditetapkan pada tahun 1999 dan mulai diberlakukan pada tanggal 1 Januari 2002.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com