Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Lantik Pemerintahan Baru, Israel Serang Gaza

Kompas.com - 02/06/2014, 15:19 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com - Sejumlah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza dan Suriah menghantam wilayah Israel, Senin (2/6/2014) pagi, memicu serangan balasan Israel hanya beberapa jam sebelum pelantikan pemerintahan baru Palestina.

Baku tembak terjadi saat Presiden Palestina Mahmoud Abbas membeberkan susunan pemerintahan Palestina baru sebagai hasil rekonsiliasi Fatah dan Hamas, yang sangat ditentang Israel.

Senin pagi, jet-jet tempur Israel melakukan dua kali pengeboman di wilayah tengah dan selatan Jalur Gaza, menyusul penembakan roket ke wilayah negara Yahudi itu.

"Setelah dua roket ditembakkan ke wilayah Israel dalam dua hari terakhir, AU Israel menyerang dua lokasi teroris di wilayah tengah dan selatan Gaza," kata juru bicara pemerintah Israel.

Sejak awal tahun ini, sebanyak 150 roket menghantam wilayah Israel, namun situasi di perbatasan relatif tenang dalam beberapa pekan terakhir ini.

Sementara di wilayah utara, pasukan Israel melepaskan tembakan ke wilayah gencatan senjata dengan Suriah di dataran tinggi Golan setelah sebuah proyektil roket menghantam wilayah Israel.

"Pagi ini, sebuah proyektil ditembakkan dari Suriah dan meledak di dekat posisi militer Israel di Gunung Hermon," kata seorang juru bicara militer Israel.

Israel, yang secara teknis masih berperang dengan Suriah, menguasai wilayah seluas 1.200 kilometer perseghi di dataran tinggi Golan sebagai hasil Perang Enam Hari 1967. Selanjutnya, Israel mencaplok lebih banyak lagi wilayah dataran tinggi Golan yang dikecam komunitas internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com