Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meja Kerja Adolf Hitler Ditemukan di Sebuah Gudang

Kompas.com - 02/06/2014, 15:03 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Sebuah meja kerja yang pernah digunakan diktator Jerman, Adolf Hitler, telah ditemukan. Hitler biasa menggunakan meja buatan 1937 itu untuk bekerja di kantornya di Berlin selama Perang Dunia II, sementara anjingnya, Blondi, tidur di bawah meja tersebut.

Sejumlah pejabat Jerman mengatakan, meja itu menjadi properti Amerika Serikat setelah perang dan digunakan sebagai sebuah perabotan biasa di rumah peristirahatan militer AS di Berlin antara 1957-1996.

Meja itu kemudian diserahkan kembali ke pihak Jerman pada 1996 dan sejak saat itu disimpan di dalam sebuah gudang pemerintah di Berlin. Para pejabat Jerman mengatakan, meja bersejarah itu tak akan dijual dengan harga berapa pun.

"Meja itu akan tetap menjadi properti Republik Federal Jerman," kata juru bicara Pemerintah Jerman Jacqueline Besse.

Meja tulis itu dibuat pada 1937, memiliki empat laci yang bisa dikunci dan terus digunakan Hitler hingga perang berakhir. Di salah satu sisi meja itu masih tertempel secarik kertas berbunyi "Benda ini adalah properti AS sesuai Perjanjian Postdam".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com