Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Bebaskan Sersan Bergdahl, AS Bebaskan Lima Tahanan Taliban

Kompas.com - 01/06/2014, 04:15 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Pembebasan lima warga Afganistan yang ditahan di Guantanamo untuk ditukar dengan pembebasan Sersan Bowe Bergdahl disambut dengan penuh kegembiraan oleh kelompok Taliban Afganistan, Minggu (1/6/2014).

"Pembebasan para tahanan, yang saat ini berada di Qatar, membawa kegembiraan bagi bangsa Afganistan khususnya untuk Emirat Islam Mujahidin," demikian pernyataan Taliban.

Taliban, dalam pernyataannya, menyebut kelima tahanan yang dibebaskan AS itu adalah Mohammad Fazl, Norullah Noori, Mohammed Nabi, Khairullah Khairkhwa dan Abdul Haq Wasiq.

Nama-nama ini dibenarkan oleh seorang pejabat tinggi di Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

"Mereka dibebaskan sebagai hasil dari kontak tak langsung antara Emirat Islam Afganistan dan Amerika Serikat dengan bantuan pemerintah Qatar. Mereka kini sudah bertemu keluarganya di Qatar," tambah Taliban.

Seorang pejabat tinggi AS membenarkan bahwa pembebasan kelima tahanan dari Guantanamo itu terkait dengan kepulangan Bergdahl. Pejabat itu membenarkan AS sudah mengantarkan kelima tahanan itu ke Qatar.

Kelima bekas tahanan Guantanamo itu kini berada di bawah pengawasan pemerintah Qatar. Semua kegiatan dan pergerakan mereka akan diawasi sangat ketat.

Sersan Bowe Bergdahl dinyatakan hilang yang kemudian diketahui tertangkap Taliban pada Juni 2009 di Provinsi Paktika, di wilayah timur Afganistan. Pria asal Idaho itu adalah satu-satunya prajurit AS yang ditahan Taliban dalam perang yang berlangsung selama 13 tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com