Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati 25 Tahun Tragedi Tiananmen, Kongres AS Menyatakan China Tak Bisa Sembunyikan Kebenaran

Kompas.com - 30/05/2014, 04:19 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Para pemimpin Kongres AS, Kamis (29/5/2014), memperingati 25 tahun kekerasan Lapangan Tiananmen, China. Mereka mengirimkan pesan kepada Pemerintah China bahwa Beijing tak bisa menyembunyikan kebenaran.

Ketua DPR dari kubu Republik, John Boehner; dan pemimpin Demokrat, Nancy Pelosi, mengesampingkan perbedaan partisan mereka, Kamis, dan muncul bersama para pembangkang China di Capitol Hill.

DPR, Rabu (28/5/2014), mengeluarkan resolusi terkait insiden pada 4 Juni 1989 tersebut, yang menewaskan ratusan demonstran pro-demokrasi. Resolusi menyerukan agar Amerika Serikat mendorong isu HAM, demokrasi, dan keterbukaan internet sebagai prioritas yang lebih tinggi dalam hubungan dengan China.

Boehner mengatakan, DPR mengenang peristiwa Tiananmen untuk tetap bisa hidup dalam "kelaparan demokrasi", rasa lapar akan kebenaran. Adapun Pelosi mengatakan, banyak orang China tahu soal kekerasan militer di negaranya, tentang korupsi di pemerintahannya, dan masalah penerapan hukum yang tak adil di sana.

"Semangat Tiananmen masih hidup. Para pemimpin China tahu soal itu, dan mereka merasa takut setiap hari," ujar Pelosi.

Para pemimpin House (DPR Amerika Serikat) jarang bersepakat soal isu domestik, tetapi berkerja sama saat menunjukkan solidaritas dengan kritik yang mencuat soal Beijing. Pada Maret 2014, mereka juga bersama-sama menyambut kedatangan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com