Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Kim Jong Un Sering "Nongkrong" di Jakarta

Kompas.com - 22/05/2014, 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Jong Nam, muncul di Indonesia. Kemunculannya itu menghapus spekulasi bahwa Kim Jong Nam bersembunyi menyusul eksekusi pamannya.

Televisi berita Korea Selatan, YTN, melaporkan, seorang pebisnis Jepang yang sedang berada di Jakarta mengaku melihat Kim Jong Nam, ditemani seorang perempuan berusia 30-an, di sebuah restoran Italia di Lotte Shopping Mall, Kuningan, Jakarta, pada 4 Mei lalu. Menurut media Korea Selatan, Chosun Ilbo, restoran itu milik seorang pengusaha Jepang.

Kim Jong Nam (43) disebut-sebut dekat dengan Jang Song Thaek, paman yang dieksekusi oleh Kim Jong Un pada Desember 2013 lalu.

"Meskipun ada laporan-laporan yang mengkhawatirkan keamanannya setelah Jang dibunuh, Kim masih hidup dan baik-baik saja. Gaya hidupnya masih sama, masih sering mondar-mandir antara Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Perancis," kata sebuah sumber kepada YTN.

YTN juga berhasil mendapatkan foto Kim Jong Nam berpose dengan chef restoran Italia tersebut.

Baru-baru ini Kim Jong Nam pergi ke Beijing untuk menemui sejumlah pejabat China. Dia juga diyakini memiliki beberapa teman Jepang di kawasan Asia Tenggara.

Kim Jong Nam pernah digadang-gadang sebagai ahli waris kepemimpinan Kim Jong Il. Namun, hubungan ayah dan anak itu memburuk gara-gara Kim Jong Nam diam-diam pergi ke Jepang untuk mengunjungi Disneyland pada tahun 2001.

Sejak itu, dia hidup di luar negeri, kebanyakan di Makau. Kim Jong Nam, yang dikenal sering mendorong reformasi, pernah mengatakan kepada sebuah surat kabar Jepang bahwa dia menentang gagasan suksesi kepemimpinan seperti dinasti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com