Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Thailand Usulkan Pemilu Baru

Kompas.com - 20/05/2014, 20:05 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com - Penjabat Perdana Menteri Thailand Niwattumrong Boonsongpaisan, Selasa (20/5/2014), menyerukan pemungutan suara baru yang akan digelar pada 3 Agustus mendatang sebagai upaya untuk mengakhiri krisis politik yang sudah berlangsung tujuh bulan.

Kepada wartawan, Niwattumrong mengatakan pemerintah telah menyurati Komisi Pemilu Thailand yang isinya adalah usulan penyelenggaraan pemilu baru.

Selain itu, Niwattumrong juga berharap bisa "mendapatkan dekrit kerajaan" pekan depan yang isinya adalah restu raja untuk menggelar pemilu baru.

Lebih jauh, Niwattumrong mendukung keputusan militer menerapkan darurat militer karena keputusan itu bisa membantu digelarnya pemilu.

Dia menambahkan pemerintah akan melakukan reformasi sebelum pemilihan umum digelar. Namun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Niwattumrong menambahkan pekan ini, pemerintah akan melakukan pertemuan dengan militer untuk membicarakan masalah keamanan Thailand ke depan.

Sementara itu, kelompok penentang pemerintah yang terus mencoba mendongkel pemerintah mengatakan pemilu tak bisa digelar jika reformasi yang memastikan dominasi mantan PM Thaksin Shinawatra diakhiri, tak terlaksana.

Kelompok anti-pemerintah juga terus mengatakan pemerintahan Niwattumrong tak memiliki legitimasi dan mendesak senat agar membubarkan pemerintahan dan menunjuk perdana menteri baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com