Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tonton Sepak Bola Pun, Kim Jong Un Penuh Rahasia

Kompas.com - 16/05/2014, 20:56 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara memang tak lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Namun, hal itu tak menyurutkan hobi pemimpin negeri itu, Kim Jong Un, untuk menonton pertandingan sepak bola.

Setelah melewati hari-hari kerja yang sibuk selama sepekan, termasuk memamerkan jet kepresidenannya, Kim Jong Un menonton sebuah pertandingan sepak bola dari "kotak komentator" di sebuah lokasi yang tak diketahui.

Tidak diperoleh informasi tentang kedua tim yang bertanding. Yang jelas, pertandingan itu meski disaksikan sang pemimpin tertinggi berakhir dengan hasil imbang tanpa gol.

Kim Jong Un diketahui adalah seorang penggemar olahraga. Sejumlah foto memperlihatkan Kim Jong Un menonton sepak bola, panahan, atau senam massal di Stadion May Day, Pyongyang, yang berkapasitas 150.000 orang.

Tahun lalu, Kim Jong Un juga menyaksikan pertandingan sepak bola antara kesebelasan Hwaebul dari Komiter Pusat Pemuda Sosialis Kim Il Sung dan kesebelasan 25 April dari angkatan bersenjata Korea Utara.

Dia juga menonton final Piala Torch yang mempertemukan kesebelasan Angkatan Darat Korut dan kesebelasan pekerja Red Guard di hadapan 70.000 penonton di Stadion May Day.

Korea Utara lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, yang merupakan keikutsertaan kedua negeri itu di Piala Dunia. Namun, Korea Utara tak mampu berbicara banyak setelah dikalahkan Portugal, Pantai Gading, dan Brasil. Kekalahan terbesar diderita dari Portugal, yaitu 0-7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com