Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Sediakan Rp 966 Miliar untuk Cari Malaysia Airlines

Kompas.com - 13/05/2014, 18:03 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com - Pemerintah Australia, Selasa (13/5/2014), menjanjikan dana sebesar 84 juta dolar atau sekitar Rp 966 miliar untuk melanjutkan operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370.

"Pemerintah akan menyediakan 84 juta dolar AS selama dua tahun dari 2013-2014 sebagai bagian dari komitmen Australia untuk mencari Malaysia Airlines MH370," demikian pernyataan pemerintah Australia.

Sebanyak Rp 300 miliar akan diberikan ke departemen pertahanan Australia untuk membayar semua pengeluaran terkait pencarian Malaysia Airlines MH370 hingga 30 Juni 2014.

Sementara dana sebesar Rp 21,5 miliar akan dikucurkan untuk pusat kordinasi gabungan yang didirikan sebagai penghubung dengan para pemangku kepentingan.

"Sedangkan sisa dana sebesar lebih dari Rp 600 miliar selama 2013-2014 akan dikucurkan untuk biro keselamatan transportasi Australia sebagai kontribusi negeri ini dalam fase pencarian selanjutnya," tambah pemerintah.

Dalam operasi pencarian di Samudra Hindia, Australia aktif memimpin operasi yang melibatkan beberapa negara itu.

PM Australia Tony Abbott sebelumnya pernah menyatakan tekadnya untuk membantu semaksimal mungkin untuk menemukan pesawat yang hilang secara misterius itu.

Abbott mengatakan dia merasa memiliki utang kepada kerabat penumpang MH370 untuk menemukan pesawat itu sekaligus menguak misteri di balik hilangnya Boeing 777-200 tersebut.

Pencarian lewat udara dan di permukaan laut memang sudah sangat menurun frekuensinya. Kini, Australia mengerjakan fase baru pencarian yang melibatkan peralatan canggih untuk menyisir dasar laut sedalam 4,5 kilometer.

Negosiasi kini tengah berlangsung dengan para kontraktor yang akan melakukan pencarian yang oleh Abbott dikatakan bakal menghabiskan dana kurang lebih sebesar Rp 600 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com