Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dennis Rodman: Kim Jong Un Tidak Bunuh Pamannya

Kompas.com - 06/05/2014, 18:17 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Mantan bintang basket NBA, Dennis Rodman, membantah laporan yang berkembang luas terkait kekejaman pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Bintang kontroversial itu mengatakan, kabar yang menyebut Kim Jong Un mengeksekusi pamannya sendiri adalah kabar bohong. Bahkan Rodman mengatakan, dia bertemu sang paman, Jang Song Taek, dalam kunjungan terakhirnya ke Pyongyang.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah DuJour, Rodman bersikukuh paman Kim Jong Un itu masih hidup meski media Korea Utara mengabarkan Jang Song Taek sudah dieksekusi pada Desember tahun lalu.

"Terakhir kali saya pergi ke Korea Utara, ketika kabar merebak bahwa dia (Kim Jong Un) mengeksekusi mantan kekasihnya atau membunuh pamannya, itu tidak benar. Mereka ada di sana, berdiri di samping saya," ujar Rodman.

Sang jurnalis yang mewawancarai Rodman kemudian meminta pria bertato itu mengklarifikasi pernyataannya karena rezim Korea Utara sudah menyatakan bahwa Jang Song Taek sudah dieksekusi. Namun, Rodman kukuh dengan jawabannya. "Dia (Jang Song Taek) berdiri di sana," Rodman menegaskan.

Selain mengeksekusi pamannya, Kim Jong Un juga dikabarkan membunuh mantan kekasihnya yang juga seorang penyanyi, Hyon Song Wol. Perempuan ini kabarnya ditembak mati di hadapan keluarganya hanya tiga hari setelah ditahan atas tuduhan melanggar undang-undang anti-pornografi Korea Utara.

Hyon Song Wol adalah satu dari sejumlah seniman ternama negeri itu yang dieksekusi di hadapan regu tembak. Para seniman yang merupakan anggota Orkestra Unhasu itu dituduh merekam diri mereka saat sedang melakukan hubungan seksual dan kemudian menjual rekaman tersebut.

Sementara itu, Jang Song Taek, yang secara luas dianggap sebagai guru Kim Jong Un, ditahan setelah dituduh melakukan rencana makar dan dieksekusi pada 12 Desember 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com