Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Kubur Desa di Afganistan, 350 Orang Tewas dan Ribuan Tertimbun

Kompas.com - 03/05/2014, 03:46 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

MAZHAR-I-SHARIF, KOMPAS.com — Tanah longsor mengubur sebuah desa di kawasan utara Afganistan, Jumat (2/5/2014). Akibatnya, 350 orang tewas dan ribuan lainnya dikhawatirkan juga tewas terjebak di bawah longsoran.

Penduduk desa di lokasi bencana di provinsi Badakhshan itu menggunakan sekop untuk menggali batu dan reruntuhan. Adapun otoritas nasional, PBB, dan pimpinan pasukan militer sedang bergegas menilai kerusakan untuk memberikan bantuan.

Gubernur Badakhshan Shah Waliullah Adeeb kepada AFP melalui pembicaraan telepon mengatakan, korban tewas bisa mencapai 2.500 orang. "Temuan awal kami berdasarkan laporan masyarakat setempat menunjukkan sekitar 2.500 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, mungkin tewas," ujar dia.

Adeeb menambahkan, "Sulit untuk mendapatkan informasi terkonfirmasi dari tempat kejadian. Kami masih mencarinya untuk menentukan fakta." Dua tanah longsor berturut-turut menerjang desa Aab Bareek dalam waktu satu jam. Sebuah bukit telah runtuh, menimpa ratusan rumah berbahan batu bata di desa itu.

Pada saat longsor menerjang, warga desa sedang mengikuti shalat Jumat di dua masjid. Longsor kedua memakan lebih banyak korban dari para penolong untuk longsor pertama. "Jumlah yang meninggal telah meningkat menjadi 350 orang," demikian pernyataan dari misi PBB di Afganistan, Jumat.

Badakhshan adalah provinsi di daerah pegunungan yang terpencil di kawasan timur laut Afganistan. Wilayah ini berbatasan dengan Tajikistan, China, dan Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com