Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbuat Tidak Sopan, Drumer Band Scorpions Ditahan di Dubai

Kompas.com - 30/04/2014, 16:00 WIB

DUBAI, KOMPAS.com -- Drumer band asal Jerman, Scorpions, dijatuhi hukuman satu bulan penjara di Dubai karena bersikap tidak sopan. Demikian dikabarkan media setempat, Rabu (30/4/2014).

Media setempat melaporkan, James Kottak, yang berkebangsaan Amerika Serikat itu, dihukum karena telah menghina agama Islam dengan mengangkat jari tengahnya dan berada di bawah pengaruh alkohol.

Kottak (51) mengaku minum alkohol, tetapi membantah tuduhan lainnya. Insiden ini dilaporkan terjadi di bandara Dubai pada tanggal 3 April, ketika Scorpions sedang dalam perjalanan ke Bahrain untuk sebuah konser.

Kottak ditangkap menyusul gangguan di ruang transit, lapor sebuah surat kabar nasional. Di ruang pengadilan, para saksi mengatakan mendengar Kottak bersumpah dan berbicara tentang "Muslim yang tidak berpendidikan", kemudian mengangkat jari tengahnya.

Para saksi juga menerangkan, mereka mendengar Kottak berteriak bahwa ia tidak akan bepergian dengan sekelompok penumpang dari Pakistan dan Afganistan.

"Aku tidak mengutuk Muslim atau Islam, aku tidak akan pernah melakukan hal seperti itu, bahkan ketika aku mabuk," kata Kottak seperti dikutip Gulf News.

Namun, dia mengaku minum alkohol tanpa izin. Akibatnya, dia dijatuhi didenda sebesar 2.000 dirham atau sekitar Rp 6 juta.

Kottak akan dibebaskan dan dideportasi dalam beberapa hari mendatang karena telah ditahan sejak penangkapannya.

Scorpions dikenal dengan album balada mereka, termasuk lagu hits pada era 1990-an, yaitu "Wind of Change". Scorpions telah merilis lebih dari 20 album sejak band itu terbentuk pada tahun 1965. Kottak bergabung dengan band itu sejak tahun 1996.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com