Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bashar al-Assad Resmi Bertarung dalam Pilpres Suriah

Kompas.com - 28/04/2014, 17:25 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Suriah Bashar al-Assad, Senin (28/4/2014), mendaftarkan diri untuk bertarung dalam pemilihan presiden bulan depan yang kemungkinan besar akan dimenangkannya. Demikian disampaikan juru bicara parlemen Suriah, Mohammed al-Lahham.

"Saya, warga negara Basar Hafez al-Assad, mendaftarkan diri sebagai kandidat presiden republik Suriah," demikian isi surat yang dibacakan Al-Lahham.

Pemilihan presiden yang akan tetap akan digelar 3 Juni mendatang di tengah perang saudara yang sudah berlangsung selama hampir tiga tahun dan sudah menewaskan lebih dari 150.000 orang.

Bashar al-Assad, yang masa jabatannya akan habis pada 17 Juli mendatang, diperkirakan akan dengan mudah mengalahkan para pesaingnya. Sejauh ini enam orang mendaftarkan diri, sebagian besar tidak dikenal masyarakat Suriah.

Dalam akun Facebook resmi pemerintah Suriah, Assad mengimbau para pendukung kandidat presiden agar memberikan suara pada 3 Juli mendatang.

"Mereka yang ingin mengekspresikan kegembiraan dan mendukung siapapun kandidat presiden harus melakukannya dengan tanggung jawab, lewat jalan yang patriotik dan melalui kotak suara pada waktu yang sudah ditentukan," kata Assad.

"Saya menyerukan kepada seluruh rakyat Suriah untuk menahan diri dari menembakkan senjata ke udara sebab Suriah akan menggelar pemilu pertamanya," tambah Assad.

Bashar al-Assad menjadi presiden Suriah setelah ayahnya, Hafez al-Assad meninggal dunia pada 2000. Dia akan berkompetisi dalam pemilihan presiden multi kandidat pertama, setelah amandemen konstitusi mengubah sistem referendum yang selama ini digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com