Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merkel Kunjungi Obama Minggu Depan

Kompas.com - 25/04/2014, 19:48 WIB
BERLIN, KOMPAS.COM - Kanselir Jerman, Angela Merkel, akan mengunjungi Presiden AS, Barack Obama, pekan depan untuk membahas masalah keamanan internasional, perdagangan dan isu-isu lainnya, kata pihak Berlin, Jumat (25/4/2014).

"Apa yang sekarang menjadi kekhawatiran kita semua, situasi yang sangat serius di Ukraina timur, akan menjadi fokus utama, serta bagaimana menyikapinya," kata juru bicara Merkel, Steffen Seibert. Isu-isu lain yang akan dibahas adalah persoalan ekonomi dan perdagangan transatlantik.

Merkel dijadwalkan akan tiba pada Kamis depan dan bertemu Obama pada Jumat di Gedung Putih, di mana mereka akan memberikan konferensi pers bersama sebelum makan siang bersama.

Merkel juga akan berbicara di Kamar Dagang AS, yang akan fokus pada rencana pembentukan pakta perdagangan bebas trans-Atlantik, dan bertemu Ketua IMF Christine Lagarde serta para senator AS.

Hubungan Berlin-Washington terganggu tahun lalu dengan tersingkapnya aktivitas mata-mata AS oleh seorang staf intelijen yang kini buron, yaitu Edward Snowden, terkait pemantauan yang sangat luas oleh Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Aktivitas pemantauan NSA itu termasuk menyadap ponsel Merkel.

Obama tahun 2011 menjamu Merkel dengan jamuan makan malam kenegaraan di Gedung Putih. Merkel kemudian membalas keramahan Obama dengan menyambut Presiden AS itu tahun lalu di Berlin dalam sebuah kunjungan yang lama ditunggu. Saat itu Obama menyampaikan pidato di depan Gerbang Brandenburg.

Obama Januari lalu mengundang Merkel kembali ke Washington, berharap untuk memperbaiki hubungan setelah perselisihan terkait aktitivitas penyadapan AS. Washington tidak pernah mengonfirmasi telah menyadap Merkel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com