Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan ke Arah Kapal Korut

Kompas.com - 25/04/2014, 11:19 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Sebuah kapal perang Angkatan Laut Korea Selatan, Jumat (25/4/2014), melepaskan tembakan peringatan ke arah dua kapal patroli Korea Utara yang ketahuan melintasi perbatasan. Insiden ini terjadi beberapa jam sebelum kunjungan Presiden AS Barack Obama ke negeri itu.

Kedua kapal patroli Korea Utara itu, yang biasanya bertugas menjaga kapal-kapal nelayan Korea Utara tak melintasi perbatasan, masuk ke wilayah Korea Selatan hingga "satu mil laut". Demikian Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Insiden yang terjadi Jumat dini hari itu membuat sebuah kapal perang Korea Selatan melepaskan sejumlah tembakan peringatan. Setelah tembakan peringatan itu, kedua kapal patroli Korea Utara langsung mundur ke wilayah mereka.

Seorang pejabat Korea Selatan menduga kedua kapal patroli itu sedang menyerang sejumlah kapal pencari kepiting China  yang beroperasi secara ilegal di kawasan itu. "Atau kapal patroli (Korea) Utara ingin memeriksa kesiapan militer Selatan," ujar pejabat tersebut.

Korea Utara tidak mengakui garis perbatasan di Laut Kuning, yang ditetapkan pasukan PBB pimpinan AS setelah Perang Korea 1950-1953. Perbatasan di Laut Kuning itu sempat menjadi lokasi sejumlah bentrok angkatan laut kedua negara pada 1999, 2000 dan 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com