Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Perang di Suriah, "Rapper" Jerman Tewas Kena Bom

Kompas.com - 22/04/2014, 17:30 WIB
KOMPAS.com - Seorang penyanyi rap (rapper) asal Jerman Denis Mamadou Cuspert tewas kena bom bunuh diri di Suriah. Ternyata, sebagaimana warta AFP  pada Selasa (22/4/2014), Denis ikut ambil bagian dalam perang di Suriah. Pemilik nama panggung Deso Dogg itu bergabung dalam kelompok radikal Negara Irak dan Mediterania Timur (ISIL). Di dalam kelompok jihad itu, Denis mengganti namanya menjadi Abu Talha al-Almani.

Catatan media itu menunjukkan ISIL berseteru dengan kelompok radikal lain di Suriah yakni Front Al-Nusra. Kelompok ini terkait dengan Al Qaeda. Dari laman ISIL diperoleh informasi kalau Al-Nusra mengirim dua bom bunuh diri pada Minggu (20/4/2014) ke wilayah ISIL. Kedua bom itu meledak. Sementara, Denis menjadi salah satu korban tewas. "Semoga arwah Abu Talha al-Almani diterima Tuhan," begitu pernyataan laman ISIL.

Sementara itu, catatan dari Pemantau HAM Suriah menunjukkan kalau bom bunuh diri itu menewaskan 16 anggota ISIL. "Lokasi peledakan bom bunuh diri tersebut terjadi di Provinsi Deir Ezzor di dekat perbatasan dengan Provinsi Hasakeh,"kata Direktur Pemantau HAM Suriah Rami Abdel Rahman.

Penelusuran media menunjukkan kalau kata "Al-Almani" dalam Bahasa Arab berarti "Jerman". Denis yang menyandang nama itu acap mengunggah video maupun foto yang mempromosikan jihad di Suriah. Pada September 2013, Denis menjadi korban luka dalam serangan udara pasukan Suriah.

Sebelumnya, sejak Januari 2014, ISIL saling berperang melawan Al-Nusra. Pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri pernah mengkritik ISIL agar meninggalkan Suriah kembali ke Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com