Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Gelar Pemilihan Presiden pada 3 Juni

Kompas.com - 22/04/2014, 14:15 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Pemerintah Suriah, Selasa (22/4/2014), menyatakan akan menggelar pemilihan presiden pada 3 Juni mendatang yang kemungkinan besar akan kembali dimenangkan oleh Bashar al-Assad.

Pemilihan presiden Suriah pertama sejak amandemen konstitusi menggantikan sistem referendum, akan digelar meski kekerasan bersenjata yang sudah menewaskan 150.000 orang itu masih terus berlangsung.

Juru bicara pemerintah Suriah, Mohammad al-Lahham mengumumkan tanggal pemilihan presiden itu di hadapan parlemen. Dia menambahkan warga Suriah yang tinggal di luar negeri akan memilih pada 28 Mei dan para kandidat boleh mendaftar mulai Selasa ini hingga 1 Mei mendatang.

"Pemilihan presiden akan berjalan bebas dan adil serta di bawah pengawasan hukum," ujar Al-Lahham.

Namun, PBB mengecam pengumuman terkait pemilihan presiden Suriah itu dan memperingatkan langkah itu akan mengganggu resolusi politik dari konflik yang sudah berlangsung tiga tahun itu.

"Pemilihan seperti ini tidaklah sesuai dengan surat dan semangat komunike Geneva," kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric di New York.

Stephane merujuk pada kesepakatan terkait transisi demokrasi sebagai basis untuk negosiasi antara pemerintah Suriah dan kelompok oposisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com