Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Iran Bersilang Pendapat tentang Hak Perempuan

Kompas.com - 21/04/2014, 10:03 WIB

TEHERAN, KOMPAS.COM — Dua pejabat paling tinggi Iran, Presiden Hassan Rouhani dan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, berbeda pendapat dalam masalah persamaan jender.

Dalam pidato Hari Perempuan di Iran, Minggu 20 April, Presiden Hassan Rouhani menyerukan agar perempuan dan laki-laki diberi hak yang sama.

"Saya, sebagai kepala pemerintahan, mengakui terdapat begitu banyak kekurangan terkait dengan pembelaan hak-hak perempuan," kata Presiden Rouhani dalam acara yang dihadiri oleh kalangan elite perempuan Iran.

"Berdasarkan kriteria Islam, kami tidak memandang laki-laki sebagai jenis kelamin pertama atau perempuan sebagai jenis kelamin kedua. Mereka sama-sama mempunyai martabat manusia dan tak satu pun dari mereka yang lebih tinggi dibanding lainnya," tambah presiden seperti dikutip kantor berita AFP.

Pernyataan Rouhani ini tampaknya menempatkannya di posisi yang berseberangan dengan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Pada Sabtu lalu, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, persamaan jender merupakan konsep Barat yang harus dijauhi. Ia juga mengatakan bahwa kaum perempuan harus memusatkan perhatian pada kewajiban-kewajiban mereka dalam mengurus keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com