Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Kunjungi 4 Negara Asia, Obama Tak Mampir ke Indonesia

Kompas.com - 19/04/2014, 04:13 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pekan depan, Presiden Amerika Serikat akan memulai lawatan delapan hari ke kawasan Asia. Agenda kunjungan adalah masalah ekonomi tetapi tak tertutup kemungkinan masalah keamanan mengingat situasi dengan Rusia di Ukraina. Indonesia tak masuk dafttar kunjungan Obama ke Asia kali ini.

"Perjalanan presiden adalah kesempatan penting untuk menggarisbawahi terus fokus kami pada kawasan Asia-Pasifik," kata Susan Rice, penasihat keamanan nasional Obama, Jumat (18/4/2014), sebagaimana dikutip dari Associated Press.

"Presiden Obama mengejar strategi rebalancing ke wilayah Asia-Pasifik, mengingat wilayah ini merupakan daerah berkembang terbesar di dunia," imbuh Rice. Setengah dari pertumbuhan ekonomi di luar Amerika Serikat untuk lima tahun ke depan, ujar dia, diperkirakan akan berlangsung di kawasan ini.

Rice menambahkan pula di kawasan Asia ini ada pula sekutu-sekutu penting Amerika Serikat dalam pengembangan pemerintahan yang demokratis. "Jadi kami semakin melihat prioritas utama kami untuk terikat ke Asia, apakah itu untuk mengakses pasar baru atau mempromosikan ekspor atau melindungi kepentingan keamanan kami dan mempromosikan nilai-nilai inti kami," papar dia.

Perjalanan delapan hari Obama akan dimulai pada Selasa (22/4/2014). Kunjungan ini semula dijadwalkan pada musim gugur di akhir tahun lalu tetapi kemudian batal karena bersamaan dengan berhentinya layanan pemerintahan (shut down) terkait masalah anggaran Amerika pada Oktober 2013. Pembatalan tersebut sempat memunculkan keraguan tentang komitmen Amerika ke kawasan ini.

Rencananya, Obama akan berturut-turut mendatangi Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Filipina. Jepang dan Malaysia sudah menyatakan siap menyambut Obama, termasuk jamuan makan malam mewah dengan Kaisar Jepang dan Raja Malaysia.

Kunjungan Obama ke Malaysia ini juga akan menjadi lawatan pertama presiden Amerika ke negeri jiran itu setelah terakhir kali dilakukan Lyndon B Johnson pada Oktober 1966. Sebelum ke Jepang, Obama akan mampir ke Oso, Washington, menyaksikan langsung tanah longsor di kawasan tersebut yang bulan lalu merenggut nyawa 39 warganya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com