Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Silvio Berlusconi Dihukum Kerja Layanan Masyarakat

Kompas.com - 15/04/2014, 21:43 WIB

ROMA, KOMPAS.com -- Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, dijatuhi hukuman untuk melayani masyarakat selama satu tahun.

Keputusan ini dikeluarkan oleh pengadilan Milan, Selasa (15/4/2014), terkait kasus penggelapan pajak untuk hak distribusi televisi yang dibeli perusahaannya, Mediaset, pada tahun 1990-an.

Mahkamah Agung Italia sebelumnya menjatuhkan hukuman penjara bagi Berlusconi, tetapi karena alasan usia, hukuman itu dialihkan menjadi tahanan rumah atau pelayanan masyarakat.

Pemerintah Italia memberikan keringanan hukuman bagi mereka yang berusia di atas 70 tahun dan hukuman juga dapat dipersingkat jika berkelakuan baik. Berlusconi saat ini berusia 77 tahun.

Tetapi, masih belum jelas jenis pelayanan masyarakat seperti apa yang akan dijalani Berlusconi. Dia telah dilarang untuk mencalonkan diri sebagai kandidat dalam pemilu selama enam tahun.

Berlusconi juga akan dilarang untuk bertemu orang lain dengan tuduhan kejahatan, yang termasuk setidaknya salah satu rekan terdekatnya.

Selain itu, gerakannya juga akan dibatasi, meskipun kondisinya akan lebih mudah daripada tahanan rumah.

Bulan Januari, pengadilan mengatakan, Berlusconi akan diselidiki dengan tuduhan mengganggu saksi dalam pengadilan kasus hubungan seksual dengan pekerja seks komersial di bawah umur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com