Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Jordania di Libya Diculik

Kompas.com - 15/04/2014, 15:51 WIB
TRIPOLI, KOMPAS.com -- Aksi penculikan kembali terjadi di Libya, kali ini menimpa duta besar Jordania untuk negeri itu, Selasa (15/4/2014), setelah sekelompok orang bersenjata menyerang mobil duta besar dan melukai sopirnya. Demikian juru bicara Kemenlu Libya.

Penculikan ini adalah insiden terbaru dengan korban para pemimpin Libya atau diplomat asing. Penculikan para politisi itu marak terjadi di negeri Afrika Utara yang kini seolah tak memiliki hukum, tiga tahun setelah tergulingnya diktator Moammar Khadafy.

"Duta besar Jordania diculik pagi ini. Iring-iringan kendaraannya diserang orang-orang bertopeng yang mengendarai dua mobil sipil," kata juru bicara Kemenlu Libya, Said Lassoued.

Sopir mobil duta besar Jordania menderita luka tembak akibat serangan itu dan kini dalam perawatan di rumah sakit. Sementara itu, Pemerintah Jordania membenarkan bahwa telah terjadi penculikan atas diri duta besar negeri itu.

"Pemerintah Jordania telah menerima kabar awal soal penculikan duta besar Fawaz Aytan di Libya," ujar juru bicara Kemenlu Jordania, Sabah Rafie.

Insiden penculikan duta besar Jordania ini terjadi hanya dua hari setelah PM Libya Abdullah al-Thani mengundurkan diri. Al-Thani mundur karena merasa dia dan keluarganya menjadi sebuah serangan bersenjata yang dilakukan para pengkhianat, sehari sebelum pengunduran dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com