Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Suriah Rebut Kota Kristen Strategis

Kompas.com - 15/04/2014, 08:51 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.COM - Tentara Suriah yang didukung pejuang Hizbullah, Senin (14/4), merebut kota Kristen kuno Maalula dari pemberontak anti-pemerintah, yang terbaru dalam serangkaian kesuksesan mereka di kawasan Qalamoun yang strategis.
 
Pemerintah Suriah merebut kota Maalula tidak lama setelah menguasai lagi al-Sarkha, kota lainnya dekat perbatasan Suriah dengan Lebanon.
 
Tentara Suriah memusatkan perhatian untuk merebut kota-kota di daerah perbatasan karena terletak dekat jalan utama yang menghubungkan Damaskus dan Homs, rute pasokan utama bagi pemberontak.
 
Pemberontak menduduki Maalula bulan Desember, tapi sejak saat itu Maalula telah beberapa kali berganti tangan dalam serangan dan serangan balasan.
 
Hari Minggu Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan perang saudara selama tiga tahun itu kini mulai dimenangkan pihak pemerintah.
 
Sementara itu kelompok internasional yang memantau pemusnahan senjata kimia Suriah mengatakan 65 persen dari cadangan yang diungkapkan negara itu kini telah dikeluarkan, tetapi prosesnya harus dipercepat.
 
Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) menetapkan tenggat 30 Juni bagi Suriah untuk membuang semua senjata kimianya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com