Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden: Pulitzer, Bukti Pembenaran atas Pengungkapan Dokumen NSA

Kompas.com - 15/04/2014, 05:37 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Mantan agen Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden mengatakan penghargaan Pulitzer untuk kategori Pelayanan Publik berdasarkan dokumen darinya, merupakan pembenaran atas pengungkapan operasi pengawasan pemerintah Amerika Serikat yang dia lakukan itu.

Snowden mengungkapkan pernyataan itu, Senin (14/4/2014), ketika Freedom of the Press Foundation memberikan ucapan selamat kepada The Washington Post dan The Guardian atas penghargaan Pulitzer yang mereka dapatkan atas tulisan berdasarkan dokumen yang diungkap Snowden.

Penghargaan Pulitzer untuk kategori Pelayanan Publik merupakan penghargaan tertinggi di ajang tahunan jurnalistik di Amerika Itu. Snowden sejak awal 2014 merupakan anggota dari badan nirlaba Freedom of the Press Foundation.

"Penghargaan ini merupakan pembenaran bagi semua orang yang percaya bahwa masyarakat memiliki peran dalam pemerintahan," kata Snowden. "Karya mereka telah memberi kita masa depan yang lebih baik dan demokrasi yang lebih akuntabel."

Menurut Snowden, wartawan bekerja menghadapi tekanan yang luar biasa dan ada beragam tekanan lain yang bisa membuat mereka berhenti membuat pelaporan. Sebelumnya diberitakan, berita tentang keberadaan program mata-mata oleh NSA memperlihatkan pemerintah telah mengumpulkan jutaan informasi dari warga negaranya sendiri lewat jalur pembicaraan telepon maupun e-mail.

Dasar hukum yang dipakai pemerintah Amerika adalah interpretasi klasifikasi hukum atas peraturan-perundangan yang disahkan setelah peristiwa serangan 11 September 2001. Pengungkapan dokumen Snowden memicu perdebatan di Amerika Serikat terhadap privasi keamanan.

Pulitzer terkait dokumen Snowden dianugrahkan untuk karya jurnalistik yang ditulis oleh Barton Gellman di The Washington Post serta untuk Glenn Greenwald, Laura Poitras, dan Ewan MacAskill dari The Guardian.

"Ini menakjubkan," kata Poitras di New York. "Ini adalah bukti untuk keberanian Snowden, pembenaran atas keberaniannya yang membiarkannya publik tahu apa yang pemerintah lakukan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com