Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebar Kaus Bernuansa Anti-Palestina, Perwira AD Israel Dipecat

Kompas.com - 14/04/2014, 18:40 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Seorang komandan peleton Angkatan Darat (AD) Israel dipecat dan dua orang prajurit dipindahkan dari tugas tempur setelah mencetak t-shirt dengan gambar berisi pesan anti-Arab.

Tulisan pada kaus itu berbunyi "Nablus, kami datang!" lengkap dengan gambar seorang pria bersenjata yang mengenakan topeng.

Kaus itu dipesan dalam rangka merayakan kelulusan sejumlah prajurit dalam sebuah latihan militer. Tulisan dalam kaus itu ditulis dalam bahasa Ibrani dan dilengkapi gambar seorang prajurit Israel yang berdiri di depan rumah-rumah di Tepi Barat. Demikian dilaporkan harian Haaretz.

"Mereka yang bertanggung jawab atas kaus itu telah melakukan sebuah kesalahan moral," kata seorang komandan brigade, Kolonel Yehuda Fuchs.

Sejumlah prajurit memprotes pemecatan itu dan mengatakan pembuatan kaus itu tak lebih untuk tujuan bersenang-senang belaka dan kerap dilakukan di kalangan angkatan bersenjata Israel (IDF).

Sebagai respons atas insiden tersebut, Juru Bicara IDF mengatakan, perilaku para prajurit itu merupakan pelanggaran nilai-nilai yang dianut IDF.

"Untuk alasan itulah, sejumlah langkah signifikan kami ambil dengan mempertimbangkan penilaian para komandan mereka," kata Juru Bicara IDF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com