Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Malaysia Airlines, Kapal Australia Tangkap Dua Sinyal Baru

Kompas.com - 09/04/2014, 15:17 WIB
PERTH, KOMPAS.com -- Kapal Australia mendeteksi dua sinyal baru di lokasi pencarian Malaysia Airlines MH370, meningkatkan harapan bahwa pesawat yang sudah hilang selama lebih dari satu bulan itu bisa segera ditemukan.

"Ocean Shield menangkap dua sinyal baru pada Selasa siang dan malam," kata Kepala Pusat Kordinasi Pencarian, Angus Houston, Rabu (9/4/2014).

Kapal itu kini sudah mendapatkan empat sinyal yang sangat penting bagi tim pencari untuk menentukan lokasi jatuhnya Boeing 777-200 yang hilang dari radar pada 8 Maret dengan 239 orang di dalam kabinnya.

Kedua transmisi sinyal itu, lanjut Angus, ditemukan di lokasi pencarian yang sama dengan dua sinyal terdahulu. Dua sinyal terbaru itu terekam selama 5 menit 32 detik dan tujuh menit.

Lokasi pencarian MH370 kini dipersempit, sejak para analis menyimpulkan dua transmisi pertama sesuai dengan tranmisi yang dipancarkan kotak hitam.

"Para analis menyimpulkan transmisi itu bukan berasal dari alam dan tampaknya bersumber dari sebuah peralatan elektronik," ujar Angus.

Saat ini, tak ada kapal lain yang diperkenankan berlayar di dekat Ocean Shield karena kapal itu harus bekerja di lingkungan yang sebebas mungkin dari suara lain.

Sebanyak 11 pesawat terbang militer, empat pesawat sipil, dan 14 kapal melanjutkan pencarian di kawasan seluas 75.423 kilometer persegi yang terletak 2.600 kilometer di barat daya Perth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com