Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misa Kamis Putih, Paus Fransiskus Basuh Kaki Para Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 08/04/2014, 20:28 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menurut rencana akan membasuh kaki 12 orang penyandang disabilitas dan orang tua dalam misa Kamis Putih pekan depan saat mengunjungi sebuah rumah jompo di Roma. Demikian pernyataan Vatikan, Selasa (8/4/2014).

Paus berencana berkunjung ke rumah perawatan kaum jompo dan penyandang disabilitas Centro Santa Maria della Provindeza Fondazione Don Carlo Gnocchi di pinggiran kota Roma.

Perayaan Kamis Putih digelar untuk mengenang perjamuan terakhir Yesus bersama ke-12 muridnya. Dalam perjamuan terakhir itu, Yesus membasuh kaki ke-12 muridnya sebagai perlambang pelayanan dan kerendahan hati.

Tahun lalu, dalam perayaan Kamis Putih, Paus Fransiskus memilih mengunjungi penjara anak-anak dan di sana dia membasuh kaki 12 tahanan anak-anak dan dua di antaranya adalah tahanan beragama Islam.

Paus Fransiskus adalah pemimpin Gereja Katolik pertama yang membasuh kaki para tahanan termasuk yang beragama non-Katolik dalam perayaan Kamis Putih.

Tahun ini, dengan memilih untuk membasuh kaki para penyandang disabilitas dan orang tua, Paus Fransiskus ingin menunjukkan perhatiannya kepada para penyandang disabilitas dan orang lanjut usia yang di masyarakat moderen semakin terpinggirkan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com