Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Masih Menumpuk Tentara di Perbatasan dengan Ukraina

Kompas.com - 07/04/2014, 19:44 WIB
KOMPAS.com - Duta Besar AS untuk Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa (OSCE) Daniel Baer mengatakan Rusia masih menumpuk ribuan pasukan di perbatasan dengan Ukraina hingga kini. Baer, menurut warta AP  pada Senin (7/4/2014), sudah meminta Moskwa untuk menarik mundur pasukan itu demi menurunkan tensi politik antara kedua negara.

"Kami menemukan bukti masih ada penumpukan tentara Rusia. Jumlah pasukan itu tidak bisa dikatakan normal untuk kondisi damai," kata Daniel Baer di Vienna di sela-sela pertemuan OSCE.

Dalam pertemuan itu, delegasi Rusia tidak hadir. "Rusia memainkan peranan penting dalam krisis di Ukraina. Rusia juga yang harus ikut menurunkan tensi politik di kawasan itu,"kata Baer lagi.

Sementara itu, Perdana Menteri Ukraina Arseny Yatseniuk mengaakan di Kyiv, kalau ada unjuk rasa di Timur Ukraina lantaran aktivis pro-Rusia menguasai gedung-gedung publik di tiga kota. Menurut Yatseniuk, tindakan penguasaan itu adalah rencana untuk membuat Ukraina tak stabil. "Cara itu membuat Rusia punya alasan menempatkan pasukannya hingga 19 mil atau 30 kilometer dari perbatasannya dari Ukraina,"demikian Yatseniuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com