Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 3.000 Keledai Bantu Pemilu Afganistan

Kompas.com - 05/04/2014, 15:25 WIB
KOMPAS.com — Afganistan menorehkan sejarah baru lantaran perhelatan pemilihan umum (pemilu) pada Sabtu (5/4/2014). Meski berlangsung pada masa modern, ternyata, panitia pemilu menyiapkan 3.000 keledai untuk membantu proses pemungutan suara.

Catatan Reuters hari ini menunjukkan bahwa dari 30 juta rakyat Afganistan, 12 juta di antaranya mempunyai hak pilih. Masalahnya, para pemilih itu berada di kawasan-kawasan pelosok bertekstur pegunungan terjal. Makanya, tak ada transportasi modern seperti mobil maupun sepeda motor yang mampu membantu distribusi surat dan kotak suara. Panitia pemilihan umum mencetak 18 juta kartu untuk pemilu tersebut. 

thehindu.com Ilustrasi keledai.
Jadilah panitia pemilu menyiapkan 3.000 ekor keledai untuk wahana pengangkutan logistik pemilu tersebut. Hewan-hewan itu bakal bertugas mulai dari mengantar hingga mengembalikan logistik pemilu ke panitia pemilihan.

Sejauh ini, ada 28.500 tempat pemungutan suara di seluruh Afganistan. Namun, dari jumlah itu, sepuluh persennya dipastikan tutup. Pasalnya, gangguan keamanan, khususnya dari pihak Taliban tak terelakkan. Taliban yang berambisi untuk menguasai Afganistan kembali sudah mengancam akan mengganggu jalannya pesta demokrasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com