Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ihwal Naik Pesawat, Kim Jong Un Tak seperti Ayahnya

Kompas.com - 02/04/2014, 15:15 WIB
KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara (Korut) ternyata tak seperti ayahnya, Kim Jong Il, soal naik pesawat terbang. Adalah warta harian Partai Komunis Korut, Rodong Sinmun, pada Rabu (2/4/2014), yang merilis foto teranyar pria kelahiran 8 Januari 1983 ini tengah turun dari pesawat terbang dan berjalan kaki di atas karpet merah. Waktu itu, Jong Un sedang bertandang ke Samjiyon, wilayah Korut di dekat perbatasan dengan China.

Menurut warta AFP, banyak pihak yakin foto itu adalah yang pertama menggambarkan Jong Un melakukan perjalanan dengan pesawat udara. Andai dibandingkan, Jong Un tak seperti ayahnya, Kim Jong Il, yang selalu menolak menggunakan pesawat terbang dalam perjalanan kenegaraannya. Kim Jong Un menggantikan ayahnya pada Desember 2011.

Catatan menunjukkan, Kim Jong Il dalam masa pemerintahannya sejak 1994 sampai dengan 2011 sudah tujuh kali melakukan perjalanan ke China. Kunjungan terakhirnya ke Negeri Tembok Raksasa terjadi pada 2010. Lalu, Jong Il, kelahiran  Vyatskoye, Khabarovsk Krai, Rusia, itu bertandang ke Rusia pada 2001.

PEDRO UGARTE / AFP Warga Korea Utara menghormati mendiang Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il. Lukisan dinding raksasa dua mendiang pemimpin ini bisa ditemukan di seluruh penjuru Korea Utara dan dibuat dengan biaya yang tidak murah.
Pada kunjungan-kunjungan itu, Kim Jong Il, yang lahir pada 16 Februari 1941 tersebut, selalu menggunakan kereta api. Alhasil, waktu tempuhnya pun menjadi lebih panjang. Pada setiap perjalanan, bahkan, selalu ada persiapan pasukan bersenjata dan pengawalan ketat.

Kabarnya, pilihan pada transportasi darat gara-gara Kim Jong Il takut naik pesawat terbang. Tak cuma itu, Kim Jong Il pun disebut-sebut takut dibunuh.

Nah, kalau kakek Kim Jong Un, Kim Il Sung, justru lebih suka menggunakan pesawat terbang dalam berbagai kunjungannya. Hal lain yang juga sama antara kakek dan cucu itu adalah keduanya tak malu-malu berpidato. Tak seperti Kim Jong Un dan Kim Il Sung, Kim Jong Il selama masa kepemimpinannya cuma berbicara sekali di depan publik.

Sementara, Kim Jong Un dan sang kakek, Kim Il Sung, pun suka berfoto sembari bergaya dengan para tentara Korut. Keduanya tak segan memeluk tentara tatkala pengambilan gambar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com