Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darth Vader Calonkan Diri dalam Pilpres Ukraina

Kompas.com - 30/03/2014, 00:37 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Menjelang pemilihan presiden Ukraina yang masih dibayangi situasi politik yang tegang, ternyata tak menghalangi beberapa warga negeri itu untuk berkreasi.

Salah satunya adalah seorang aktivis partai yang mengenakan kostum Darth Vader -tokoh antagonis dalam film Star Wars- mencalonkan diri sebagai salah satu kandidat presiden negeri bekas Uni Soviet itu.

Aktivis yang hingga kini tak diketahui namanya itu kerap terlihat di Lapangan Kemerdekaan Kiev, mengenakan kostum Darth Vader dikawal pasukan Stormtroopers.

Darth Vader secara resmi dipilih sebagai kandidat presiden Partai Internet Ukraina (UIP) yang dikenal dengan aksi-aksi teatrikalnya yang memukau.

"Setelah memenangkan pemilihan internal partai dengan mutlak, kamerad Darth Vader akan menjadi kandidat partai," kata pemimpim UIP, Dmitry Golubov, yang saat ini ditahan karena menggunakan internet untuk melakukan penipuan kartu kredit.

Tak hanya mencalonkan diri sebagai presiden, Darth Vader ternyata sudah beberapa kali terlibat dalam aksi politik di Ukraina. Pada November 2013 bersama para Stromtroopers, pasukan elite kekaisaran galaksi, Darth Vader memasuki balai kota Odessa dan di sana dia mengangkat dirinya sebagai wali kota Odessa.

Berdasarkan laporan media setempat, Darth Vader juga meminta disediakan sebidang lahan di sebelah barat daya kota sebagai tempat untuk memarkir pesawat angkasa luarnya.

"Saya bisa menciptakan kekaisaran dari republik ini, untuk mengembalikan kejayaannya, untuk mengembalikan wilayahnya yang hilang dan kebanggaan negeri ini," kata Darth Vader dalam pernyataan resminya.

UPI mengatakan sudah menyediakan anggaran sebesar 225.000 dolar AS sebagai uang pendaftaran bagi kandidat presiden yang unik ini.  UIP terdaftar sebagai partai politik pada 2010 dan bertujuan menciptakan sebuah pemeritahan elektronik Ukraina dan memberikan kursus komputer gratis untuk semua warga Ukraina.

Menurut UIP, Darth Vader mendapatkan tiga persen suara dalam pemilihan parlemen 2012, tapi perolehan suara itu tidak diakui karena undang-undang Ukraina tidak mengakui seorang kandidat yang tak terdaftar.

Ukraina akan menggelar pemilihan presiden pada 25 Meil mendatang setelah parlemen negeri itu memecat Viktor Yanukovych menyusul aksi unjuk rasa berdarah yang menentang pemerintah yang saat itu pro-Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com