Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Balas Keluarkan Larangan Perjalanan untuk 9 Pejabat Amerika

Kompas.com - 21/03/2014, 04:08 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia, Kamis (20/3/2014), mengeluarkan larangan perjalanan untuk sembilan anggota parlemen dan pejabat Amerika Serikat. Ini adalah balasan pertama Rusia atas sanksi yang dijatuhkan Amerika terkait krisis Ukraina dan tuduhan aneksasi Crimea.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengeluarkan pengumuman soal larangan ini hanya beberapa saat setelah Presiden Barack Obama mengeluarkan sanksi baru untuk Rusia. "Penggunaan sanksi adalah pedang bermata dua yang akan menjadi bumerang bagi Amerika Serikat," ujar pernyataan itu sebagaimana dikutip dari Associated Press.

Berikut ini adalah nama-nama anggota parlemen dan pejabat Amerika Serikat yang dikenakan larangan terbang oleh Rusia:

Penasihat Obama

1. Caroline Atkinson, wakil penasihat keamanan nasional wakil untuk urusan ekonomi internasional.

2. Daniel Pfeiffer, penasihat senior Obama.

3. Benjamin Rhodes, wakil penasihat keamanan nasional.

Ketiga pejabat tersebut diduga berperan menyusun sanksi yang dijatuhkan pada Rusia. Gedung Putih menolak berkomentar soal hal ini.

Ketiga pejabat dibayangkan berperan dalam menyusun sanksi tertentu. Gedung Putih menyadari masuknya mereka dalam daftar sanksi Rusia tetapi menolak berkomentar.

Anggota parlemen AS

1. John Boehner, anggota Kongres dari Partai Republik asal Ohio, Ketua DPR. Dia mendukung Obama menjatuhkan sanksi untuk Obama sebagai tanggapan atas "agresi Rusia". Boehner juga mendesak pemerintah mempercepat proses perizinan untuk meningkatkan ekspor gas alam AS untuk melawan Putin.

2. Harry Reid, senator Partai Demokrat asal Nevada yang menjalankan Senat AS, mengatur agenda legislatif.

3. John McCain, senator Partai Republik asal Arizona yang kalah melawan Obama dalam Pemilu 2008. Dia menyerukan langkah hukum untuk Rusia. Dia sempat melakukan perjalanan ke Ukraina untuk menunjukkan dukungan kepada para pengunjuk rasa yang saat itu mendesak pengunduran diri Presiden Viktor Yanukovych.

4. Robert Menendez, senator dari Partai Demokrat asal New Jersey yang memimpin Komite Hubungan Luar Negeri Senat. Dia mengkirtik aneksasi Putin atas Crimea sebagai tindakan sembrono dan bertentangan dengan semua norma dan hukum internasional.

5. Mary Landrieu, senator dari Partai Demokrat asal Louisiana yang memimpin Komite Energi dan Sumber Daya Alam Senat. Dia mengecam keras Rusia yang kemudian melarang adopsi anak-anak Rusia oleh orang Amerika.

6. Dan Coats, senator dari Partai Republik asal Indiana, anggota Komite Intelijen Senat. Dia merupakan pendukung resolusi untuk Rusia terkait krisis Ukraina, meminta Obama menggunakan semua elemen ekonomi dan kekuatan nasional Amerika berkoordinasi dengan negara-negara sekutu untuk melindungi kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas ekonomi Ukraina.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com