Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicarakan Krisis Crimea, Sekjen PBB Bertemu Presiden Rusia

Kompas.com - 20/03/2014, 21:56 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon kepada Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan keprihatinannya terkait perkembangan krisis politik antara Rusia dan Ukraina. Pernyataan ini disampaikan Ban Ki-moon dalam pertemuannya dengan Presiden Putin di Moskwa, Kamis (20/3/2014).

"Saya sangat prihatin terkait kondisi saat ini yang melibatkan Ukraina dan Rusia," kata Ban seusai melakukan pertemuan dengan Putin di Kremlin.

Pernyataan Ban Ki-moon itu ditanggapi Putin dengan menyampaikan Rusia secara konsisten selalu mendukung perang sentral PBB dalam masalah-masalah global.

"Kami sangat menghargai upaya Anda, tuan Sekretaris Jenderal, dalam mencari solusi krisis ini dan krisis-krisis sebelumnya yang sudah ada. Sebuah peran yang efektif dan positif," kata Putin.

Namun, Putin tidak menyampaikan hal-hal berkaitan dengan Ukraina dalam pertemuannya dengan Ban Ki-moon kepada para wartawan.

Pertemuan Ban dan Putin berbarengan waktu dengan persetujuan majelis rendah parlemen Rusia terhadap traktat yang ditandatangani Putin yang meresmikan bergabungnya Crimea dengan Rusia.

Langkah Putin itu kemudian memicu konfrontasi Timur dan Barat terbesar sejak berakhirnya Perang Dingin pada 1990-an.

Pemerintah Ukraina, AS, dan Uni Eropa menilai Rusia telah secara ilegal menguasai Crimea dari Ukraina. Namun, Rusia membantah tudingan itu dan mengatakan keinginan bergabung dengan Rusia datang dari rakyat Crimea lewat sebuah referendum.

Selanjutnya, Ban Ki-moon akan berkunjung ke Kiev yang menurut PBB adalah bagian dari upaya diplomatik Ban Ki-moon untuk mendorong semua pihak untuk mencari solusi damai krisis ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com