Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Crimea Bebaskan Panglima AL Ukraina

Kompas.com - 20/03/2014, 19:20 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Pemerintah Crimea, Kamis (20/3/2014), akhirnya membebaskan seorang komandan AL Ukraina yang ditahan saat warga pro-Rusia menyerbu pangkalan AL Ukraina di semenanjung itu.

"Laksamana Muda Sergiy Ganduk dibebaskan malam ini bersama beberapa sandera sipil yang ditahan pasukan Rusia dan anggota milisi Crimea pada Rabu," demikian Presiden Ukraina, Oleksandr Turchynov seperti dikutip kantor berita Interfax.

Sebelumnya, Moskwa meminta para pemimpin Crimea segera membebaskan komandan AL Ukraina itu.

"Saya sudah meminta para pemimpian Republik Crimea untuk membebaskan panglima AL Ukraina dan tidak menghalangi kepergiannya ke Ukraina," kata Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu.

Sebelumnya, milisi Crimea pro-Rusia menangkap seorang komandan AL Ukraina setelah menduduki pangkalannya di Crimea, Rabu (19/3/2014).

Seorang perwakilan militer Rusia, Igor Yeskin, mengatakan bahwa seorang perwira AL Ukraina, Sergiy Gayduk, yang menjadi komandan pangkalan AL Ukraina awal bulan ini setelah pendahulunya membelot ke Crimea, telah ditahan.

"Dia ditahan dan tak bisa pergi ke mana-mana. Dia kini sudah diamankan," kata Yeskin kepada wartawan.

Seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan Ukraina di Crimea menambahkan, pasukan pro-Rusia juga menduduki sebuah pos pemeriksaan di dekat basis militer Ukraina di kota Novoozerne di wilayah barat Crimea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com