Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serbu Persembunyian Militan, Seorang Jenderal Mesir Tewas

Kompas.com - 19/03/2014, 17:50 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Seorang brigadir jenderal dan seorang kolonel tewas saat pasukan Mesir menggrebek sebuah lokasi persembunyian kelompok militan yang diduga terkait dalam serangkaian serangan maut di negeri itu. Demikian keterangan militer dan kepolisian Mesir, Rabu (19/3/2014).

Pasukan Mesir menggrebek persembunyian kelompok miiltan Ansar Beit al-Maqdis yang terafiliasi Al-Qaeda di kota Al-Qanatir Al-Khayriya, di delta Sungai Nil, 30 kilometer sebelah utara Kairo.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan pasukan Mesir dan kelompok militan itu terlibat baku tembak selama sekitar ratu jam yang berujung pada tewasnya lima anggota kelompok militan.

Kelompok militan yang diserbu pada Rabu pagi itu diduga terkait dalam serangan terhadap sebuah pos pemeriksaan militer pada Sabtu (15/3/2014) yang menewaskan enam tentara.

Selain itu, kelompok Ansar Beit al-Maqdis ini juga dituding terlibat dalam pembunuhan seorang deputi menteri dalam negeri di Kairo pada Januari lalu.

Selain menewaskan sejumlah anggota kelompok itu, militer Mesir mengklaim menemukan bahan peledak dalam jumlah besar dan para anggota militan mengenakan sabuk peledak saat baku tembak dengan militer.

Setidaknya 200 orang anggota kepolisian dan militer tewas akibat serangan bom dan penembakan sejak militer menggulingkan Muhammad Mursi dari kursi presiden tahun lalu.

Sejak itu, serangan terhadap anggota polisi dan militer di Mesir meningkat tajam. Serangan terhadap aparat keamanan itu terjadi tak hanya di Kairo namun juga di kota-kota lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com