Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Turunkan Status Operasi Pencarian MH370

Kompas.com - 14/03/2014, 16:50 WIB
HANOI, KOMPAS.com — Pemerintah Vietnam, Jumat (14/3/2014), menurunkan status pencarian Malaysia Airlines MH370 dari Darurat menjadi Reguler, saat pencarian mulai dialihkan ke Samudra Hindia.

Pada Jumat, Vietnam masih mengirim pesawat terbangnya untuk mencari pesawat yang hilang itu. Namun, dengan menurunnya status operasi pencarian ini, Vietnam kini hanya mengirim tiga pesawat, bukan lima pesawat seperti biasanya.

Juru bicara SAR Vietnam, Nguyen Ngoc Son, mengatakan bahwa Vietnam masih bersedia membantu mencari pesawat itu di Selat Malaka atau wilayah lain di Malaysia.

"Namun, hingga saat ini, kami belum menerima permintaan resmi terkait bantuan itu," kata Nguyen Ngoc Son.

Dalam pencarian MH370 di Laut China Selatan, yang merupakan wilayahnya, Vietnam melalui pasukannya memegang peranan dalam pencarian pesawat tersebut.

Vietnam mengerahkan pesawat terbang, kapal laut, bahkan kapal-kapal nelayan, dalam operasi pencarian besar-besaran pertama yang melibatkan negeri itu.

Namun, upaya pencarian besar-besaran itu hingga kini belum berbuah hasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com