Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Vietnam Tak Temukan Reruntuhan MH370

Kompas.com - 13/03/2014, 12:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Tim SAR Vietnam yang melakukan pencarian di posisi sebagaimana terpampang dalam satelit citra China mengatakan tidak menemukan reruntuhan pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines (MAS) bernomor penerbangan MH370 yang hilang kontak sejak Sabtu (8/3/2014) dini hari.

Tim itu pada Kamis (13/3/2014) pagi mengirimkan pesawat-pesawat Antonov (An) 26 menuju wilayah Pulau Con Dao. Di situ, satelit citra China mendeteksi tiga obyek mencurigakan. "Bahkan ketika pesawat-pesawat kami kembali, kami tidak menemukan apa pun," kata Deputi Direktur Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam Dinh Viet Thang kepada AFP.

Catatan menunjukkan, hari ini, Kamis, adalah hari keenam pencarian pesawat tersebut. Sementara sebelumnya, Pemerintah China mengumumkan telah mendapatkan citra satelit yang diduga merupakan puing pesawat tersebut. Selain menyebutkan koordinat lokasi, laporan temuan citra itu menyebutkan pula perkiraan ukuran puing.

Citra satelit tersebut kemudian ditayangkan di CNN. Lokasi puing diperkirakan berada di teluk antara Vietnam dan Malaysia. Lokasi tersebut juga berada di lokasi sekitar kontak terakhir pesawat yang berisi 239 orang itu dengan menara kontrol.

Menurut informasi dari AP dan Xinhua, citra satelit itu terekam pada Minggu (9/3/2014). Namun, data tersebut baru dipublikasikan pada Rabu (12/3/2014) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com