Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Citra Satelit, Pesawat Dikirim ke Dugaan Lokasi Jatuhnya Malaysia Airlines

Kompas.com - 13/03/2014, 09:53 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.COM — Malaysia, Kamis (13/3/2014), mengatakan, pihaknya telah mengirimkan sebuah pesawat untuk menyelidiki lokasi di mana satelit China menunjukkan adanya tiga "dugaan benda mengambang" di dekat daerah di mana sejumlah negara telah mencari reruntuhan sebuah jet penumpang yang hilang.

"Sebuah pesawat militer telah dikirim untuk menyelidiki klaim dugaan puing yang diperlihatkan citra satelit China," kata Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein, di akun Twitter-nya, pada hari keenam pencarian Malaysia Airlines MH370 dengan 239 orang di dalamnya.

Kantor berita China, Xinhua, Rabu, melaporkan, situs web Pemerintah China menampilkan gambar temuan puing yang diduga merupakan pesawat Malaysia Airlines yang hilang itu. Laporan itu menyatakan, gambar-gambar tersebut merupakan citra satelit pada Minggu, sehari setelah pesawat itu hilang. Gambar-gambar itu menunjukkan tiga obyek mengambang dengan ukuran yang berbeda.

Koordinat lokasi dalam laporan itu menunjukkan laut lepas di antara ujung selatan Vietnam dan ujung timur Malaysia. Disebutkan pula, potongan terbesar dari obyek diduga puing pesawat itu berukuran terbesar antara 22 hingga 24 meter.

Pesawat Malaysia Airlines itu hilang satu jam setelah lepas landas dari Kuala Lumpur pada Sabtu dini hari menuju Beijing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com