Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Domain Bernama MH370 Dijual di eBay

Kompas.com - 11/03/2014, 17:40 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Banyak orang beramai-ramai mencari informasi tentang hilangnya pesawat MH370, tetapi seorang penjual di eBay justru berusaha meraih keuntungan dengan menawarkan domain MH370.com ini.

Kata kunci #PrayforMH370 telah di-tweet sebanyak 1,8 juta kali semenjak berita mengenai menghilangnya MH370 muncul pada Jumat malam dan telah digunakan untuk berbagi pesan belasungkawa dan dukungan.

Namun, terjadi upaya untuk mengomersialisasikan situs itu. Seseorang telah mendaftarkan alamat situs web itu dan mencoba untuk menjualnya sebesar 5.000 dollar AS atau Rp 57 juta.

Situs lelang eBay mengatakan, penawaran ini sangat menguntungkan. “Beli domain ini hari ini dan jual di kemudian hari seharga ribuan dollar. Puluhan perusahaan dan keluarga korban akan berminat untuk membelinya dari Anda. Bayar dengan harga murah saat ini dan hasilkan keuntungan yang besar nanti,” demikian tulisan di iklan penjualan itu.

Mendaftarkan nama domain situs web dan kemudian menjualnya—yang disebut dengan flipping—adalah praktik online yang umum.

Namun, penjualan domain penerbangan ini menuai protes. Lelang domain ini ditutup dan tampaknya tidak ada orang yang membelinya. Jadi, siapa yang awalnya mendaftarkan domain tersebut? Hingga saat ini BBC belum bisa memastikan identitas orang tersebut.

Pesawat Malaysia Airlines hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada Sabtu (8/3/2014) dini hari dengan membawa 239 penumpang dan awak kapal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com