Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Malaysia Rilis Foto Dua "Penumpang Gelap" MH370

Kompas.com - 11/03/2014, 16:29 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Kepolisian Malaysia, Selasa (11/3/2014), mengatakan telah berhasil mengidentifikasi salah seorang penumpang Malaysia Airlines penerbangan MH370 yang menggunakan paspor curian.

Dalam jumpa pers di Kuala Lumpur, kepolisian memamerkan foto kedua orang itu yang tertangkap kamera CCTV di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

"Salah seorang pria diidentifikasi dengan nama Pouria Nour Mohammad Mehrdad," kata Kepala Kepolisian Malaysia, Khalid Abu Bakar.

Khalid menambahkan, pria berusia 19 tahun itu masuk ke pesawat menggunakan paspor Austria yang sebelumnya dilaporkan telah dicuri.

"Kami sudah memeriksa latar belakangnya. Kami juga sudah bekerja sama dengan kepolisian negara lain untuk mengetahui profil pria ini," tambah Khalid.

Sementara satu orang lainnya, Khalid, mengatakan, sampai saat ini kepolisian belum mengetahui identitasnya. Saat ditanya mengapa kepolisian yakin pemuda Iran tengah mencoba beremigrasi ke Jerman, Khalid mengatakan, dia sudah menghubungi ibu dari pemuda itu yang menantinya di Frankfurt.

Mohammad Mehrdad dan seorang pria lainnya yang menggunakan paspor Italia sama-sama tiba di Kuala Lumpur pada 28 Februari.

Terungkapnya keberadaan dua penumpang yang menggunakan paspor Austria dan Italia yang dicuri di Thailand memicu spekulasi adanya masalah keamanan dan kemungkinan aksi terorisme.

Sejauh ini, Khalid mengatakan, pihaknya belum menemukan kaitan antara paspor curian itu dan kemungkinan aksi terorisme.

"Saat ini kami katakan belum terkait aksi terorisme, setidaknya hingga kami menyelesaikan investigasi," tambah Khalid.

Khalid melanjutkan, saat ini polisi melakukan investigasi atas berbagai teori yang mungkin mengakibatkan kecelakaan, misalnya pembajakan, sabotase, atau masalah psikologi di antara penumpang dan kru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com