Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Film Bollywood Dibuka di India

Kompas.com - 10/03/2014, 23:25 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Museum pertama untuk film India akan segera dibuka, lebih dari 100 tahun setelah lahirnya industri film Bollywood di Mumbai.

Situs museum Bollywood menyebutkan, setelah pembukaan di Mumbai, museum berikutnya akan dibuka di Delhi dengan skala global.

Di museum ini, para pengunjung dapat menikmati pengalaman Bollywood, termasuk "berjumpa" dengan para bintang film melalui teknologi layar sentuh 360 derajat.

Museum yang didanai pemerintah ini terletak di Mumbai selatan, di bangunan yang dibuat pada abad ke-19. Museum akan memamerkan berbagai artefak, alat pembuat film, serta berbagai memorabilia.

Pengunjung juga dapat melihat poster lukisan untuk film epik tahun 1957 berjudul Mother India dan mendengar nyanyian K L Saigal yang dianggap sebagai bintang pertama film Hindi.

"Sudah saatnya India memiliki film sendiri. Kami punya arsip, tetapi belum punya museum dan dewasa ini museum dapat menjadi sesuatu yang menarik dengan teknologi dan interaktif," kata kurator Amrit Gangar kepada kantor berita AFP.

"Semua pusat perfilman di India tercakup (dalam museum)," kata Anil Kumar, kepala pemasaran badan perfilman pemerintah.

Ia mengatakan, museum itu telah selesai dan akan dibuka dalam beberapa pekan mendatang.

India adalah negara dengan produksi film tertinggi di dunia. Setiap tahun, India memproduksi sekitar 1.500 judul film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com