Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Asing di Laut China Selatan Bukan Puing Pesawat Malaysia

Kompas.com - 09/03/2014, 21:22 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Benda asing yang ditemukan tim pencarian asal Singapura mengapung di Laut China Selatan bukan puing pesawat Malaysia Airlines.

Informasi itu disampaikan salah seorang pejabat Amerika Serikat yang dikutip dari CNN. Sebuah pesawat pengintaian mengira melihat sesuatu seperti puing-puing, tetapi ternyata itu bukan. Demikian kata pejabat yang enggan disebutkan identitasnya itu.

Hal itu juga dibenarkan oleh Ketua Pengarah Penerbangan Awam (Direktur Jenderal Penerbangan Sipil) Malaysia, Datuk Azaharuddin Abdul Rahman. Benda asing yang ditemukan di Laut China Selatan, tepatnya di perairan Vietnam, bukanlah serpihan Malaysia Airlines. Demikian kata Abdul Rahman dalam jumpa pers seperti yang dikutip dari Berita Harian.

Sebelumnya diberitakan, dalam upaya pencarian pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines (MAS) bernomor penerbangan MH370 hingga Minggu (9/3/2014) petang, tim SAR Malaysia menemukan ceceran minyak di sekitar 100 mil laut Tok Bali, kawasan Negara Bagian Kelantan. Sementara itu, tim SAR Singapura menemukan benda mencurigakan yang mengapung di perairan Laut China Selatan di wilayah Vietnam.

Pesawat Malaysia Airlines jenis Boeing 777-200 dengan nomor penerbangan MH370 yang bertolak dari Kuala Lumpur pada Sabtu (8/3/2014) pukul 00.41 hilang kontak pada pukul 02.40. Sesuai jadwal, pesawat yang membawa penumpang 239 orang itu tiba di Beijing, China, pada pukul 06.30 waktu setempat. Namun, hingga Minggu malam, pesawat tersebut belum diketahui keberadaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com