Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Malaysia Temukan Ceceran Minyak, Tim Singapura Dapat Benda Mencurigakan

Kompas.com - 09/03/2014, 16:40 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Dalam upaya pencarian pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines (MAS) bernomor penerbangan MH370 hingga Minggu (9/3/2014) petang, tim SAR Malaysia menemukan ceceran minyak di sekitar 100 mil laut Tok Bali, kawasan Negara Bagian Kelantan. Sementara itu, tim SAR Singapura menemukan benda mencurigakan yang mengapung di perairan Laut China Selatan di wilayah Vietnam.

Menurut warta laman Bernama, Tuoi Tre, dan Thanh Nien hari ini, ceceran minyak itu sudah diambil sampelnya. "Kami sedang meneliti apakah ceceran minyak itu milik pesawat MAS atau bukan," kata Mohf Amdan Kurish, dari Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, dalam jumpa pers termutakhir di Kuala Lumpur.

Sementara itu, hingga berita ini diunggah, belum ada informasi ihwal benda mencurigakan temuan tim SAR Singapura. Temuan itu sudah dilaporkan kepada tim SAR Vietnam. Tim Singapura masih menanti kehadiran tim Vietnam tiga jam kemudian di lokasi penemuan.

Data termutakhir menunjukkan bahwa MH370 dari jenis Boeing 777-200 membawa 239 penumpang. Dari jumlah tersebut, 153 penumpang adalah warga negara China. Lalu, ada 38 penumpang warga negara Malaysia.

Pesawat yang bertolak dari Kuala Lumpur pada Sabtu pukul 00.41 itu hilang kontak pada pukul 02.40. Sejatinya, pesawat mendarat di Beijing pada pukul 06.30 waktu setempat, Sabtu (8/3/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com