Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urus Ukraina, Presiden Obama Kontak Sekutunya saat Berlibur

Kompas.com - 09/03/2014, 02:02 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Demi mengurusi masalah Ukraina, Presiden AS Barack Obama mengontak sekutu-sekutunya saat dirinya berlibur di Florida. Pihak Gedung Putih pada Sabtu (8/3/2014) mengemukakan hal itu sebagaimana warta AP .

Obama mengontak langsung Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, PM Italia Matteo Renzi, dan Presiden Perancis Francois Hollande. Tak hanya itu, ia pun membuat pembicaraan telepon bersama dengan presiden Lithuania, Latvia, dan Estonia. "Kami akan rilis detail pembicaraan pada Minggu (9/3/2014),"kata Gedung Putih.

Rusia dianggap melakukan invasi ke Negara Otonomi Crimea pada pekan lalu. Crimea memang masih bagian dari Ukraina. Kebijakan Rusia itu membuat AS dan sekutunya menuding adanya pelanggaran hukum internasional.

Sebaliknya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dirinya punya hak untuk melindungi kepentingan Rusia di Crimea. Pada Minggu (16/3/2014), parlemen Crimea bakal melakukan pemungutan suara untuk meninggalkan Ukraina dan bergabung dengan Rusia. "Pemungutan suara itu melanggar hukum internasional," kata Barack Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com