Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela Usir Duta Besar Panama

Kompas.com - 07/03/2014, 14:59 WIB

CARACAS, KOMPAS.com — Venezuela, Jumat (7/3/2014), telah mengusir Duta Besar Panama dan tiga diplomat lainnya di tengah meningkatnya ketegangan atas protes oposisi. Para pejabat tersebut diberi waktu 48 jam untuk meninggalkan negara itu.

Ini terjadi sehari setelah Presiden Venezuela Nicolas Maduro memutuskan hubungan diplomatik dan membekukan hubungan ekonomi dengan Panama. Maduro menuduh Panama bersekongkol untuk menjatuhkan pemerintahannya.

Keputusan itu datang setelah negara-negara Amerika Tengah meminta pertemuan di Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) untuk membahas krisis Venezuela.

"Ada upaya dari Pemerintah Amerika Serikat dan antek pemerintahan sayap kanan menciptakan kondisi OAS dan badan-badan lainnya untuk melakukan intervensi di negara kita," kata Maduro awal pekan ini.

Empat diplomat yang bekerja di kedutaan Panama, termasuk Duta Besar Pedro Pereira, dinyatakan "persona non-grata" pada hari Kamis, menurut Wakil Menteri Luar Negeri Panama Mayra Arosemena.

Menurut sebuah laporan, Menteri Luar Negeri Venezuela Elias Jaua mengatakan, Venezuela juga telah menunda negosiasi utang lebih dari 1 miliar dollar AS (Rp 11,4 triliun) kepada eksportir Panama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com