Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Hentikan Latihan Militer Dekat Perbatasan Ukraina

Kompas.com - 04/03/2014, 15:46 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (4/3/2014), memerintahkan pasukan Rusia untuk kembali ke barak-barak mereka setelah memerintahkan mereka melakukan latihan mendadak untuk memeriksa kesiapan tempur mereka pekan lalu.

"Panglima tertinggi Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukan dan unit-unit militer yang terlibat dalam latihan untuk kembali ke barak mereka," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Pada 26 Februari lalu, Putin memerintahkan latihan mendadak untuk ribuan personel pasukannya di wilayah barat negeri itu, dalam apa yang disebut Rusia sebagai sebuah latihan rutin.

Latihan itu melibatkan personel angkatan darat,  laut dan udara yang berbasis di distrik militer barat dan tengah, sebuah wilayah luas yang di dalamnya termasuk kawasan yang berbatasan langsung dengan Ukraina.

Latihan itu tidak sampai melintasi wilayah di luar perbatasan Rusia, seperti Crimea, kawasan Laut Hitam Ukraina yang menjadi pusat ketegangan antara Ukraina dan Rusia pasca-kejatuhan Viktor Yanukovych.

Latihan militer , yang awalnya akan diakhiri Senin (3/4), digelar tak lama sebelum militer Rusia menggelar operasi rahasia di Crimea dan Putin mendapatkan izin parlemen untuk melakukan intervensi ke Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com