Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Pertama Kali, Myanmar Gelar Pernikahan Gay

Kompas.com - 03/03/2014, 16:37 WIB
YANGON, KOMPAS.com - Mengenakan pakaian tradisional Myanmar ditambah karangan bunga melati, sepasang gay menikah dalam sebuah pesta publik yang diklaim sebagai yang pertama digelar di negeri konservatif itu.

Tin Ko Ko dan Myo Min Htet bertukar cincin di hotel Yangon, Minggu (2/3/2014), dalam sebuah ajang yang menandai perubahan sosial di negeri Asia Tenggara itu di saat Myanmar perlahan-lahan keluar dari bayang-bayang kediktatoran militer.

Meski tidak mendapat pengakuan hukum Myanmar, kedua mempelai dengan khidmat menjalani tata cara pernikahan tradisional Myanmar diiringi enam orang pendamping disaksikan sekitar 200-an undangan.

"Keluarga saya telah menerima. Saya sangat gembira orangtua saya memahami situasi ini meski mereka harus mengatasi banyak masalah dari keluarga besar kami," kata Tin Ko Ko (38), dalam sebuah pidato yang emosional.

Pasangan yang sama-sama bekerja di sebuah lembaga pejuang hak-hak kelompok gay ini, sudah hidup bersama selama 10 tahun tanpa mendeklarasikan hubungan mereka.

Sebenarnya, undang-undang Myanmar mengkriminalkan siapapun  yang mempraktikkan homoseksualitas. Namun undang-undang ini tidak serius dijalankan sementara para aktivis sudah lama mengkritik maraknya pelecehan dan diskriminasi terhadap kelompok gay.

Sejak, pemerintahan sipil yang didukung militer mulai berkuasa tiga tahun lalu, tabu di sekitar masalah homoseksualitas mulai mengendur.

Tin Ko Ko dan Myo Min Htet secara terbuka mendiskusikan rencana pernikahan mereka di media, namun mereka tetap merahasiakan lokasi pernikahan untuk menghindari kemungkinan amuk massa.

Namun, sejumlah wartawan berhasil mencium lokasi pernikahan itu dan selanjutnya, foto pesta perkawinan itu menyebar di halaman depan berbagai media Myanmar.

"Kami berdua bekerja keras untuk mewujudkan pernikahan ini. Saya hampir tak bisa berkata-kata, saya sangat gembira," tambah Myo Min Htet (28).

Para tetamu bertepuk tangan riuh saat pasangan ini berciuman setelah memotong sebuah kue berbentuk hati berwarna merah.

"Ini menjadi tantangan bagi tetangga kami, yang tak memahami kami dan melihat kami sebagai manusia aneh," ujar Aung Myo Min, dari kelompok pejuang hak kelompok gay Equality Myanmar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com