Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Menunggu Kelahiran Anak Kedua

Kompas.com - 25/02/2014, 10:47 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.COM — Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, Senin (24/2/2014), dikabarkan sedang menunggu kelahiran anak kedua setelah istrinya muncul di hadapan publik dengan memakai baju hamil.

Spekulasi meningkat setelah sejumlah orang melihat Ri Sol Ju mengenakan apa yang tampaknya merupakan pakaian longgar yang sama yang ia kenakan sebelum kelahiran putri mereka pada akhir tahun 2012.

Sebuah foto dirinya saat menghadiri acara olahraga baru-baru ini yang ditampilkan di halaman depan surat kabar milik pemerintah, Rodong Sinmun, juga menunjukkan dia bertambah berat badannya.

Foto-foto Ri mengenakan gaun itu minggu lalu dan pada kehamilan pertama juga telah dipublikasikan di situs surat kabar Korea Selatan, The Chosun Ilbo.

Para pengamat mengatakan, Kim Jong Un (31 tahun), yang diyakini juga punya seorang putri dari hubungannya dengan perempuan lain, sangat mengharapkan untuk mendapatkan ahli waris laki-laki guna melanjutkan kediktatoran keluarga tersebut.

Toshimitsu Shigemura, profesor di Universitas Waseda Tokyo, dan orang memahami masalah Korea Utara, mengatakan kepada The Daily Telegraph, "Ada sejumlah rumor bahwa Ri hamil lagi dan kini dalam usia kehamilan beberapa minggu. Hal ini tentu saja bukan merupakan kejutan karena Kim menginginkan seorang putra sebagai penerus untuk dinasti yang telah memerintah Korea Utara sejak didirikan kakeknya, Kim Il Sung. Adalah mustahil bahwa anak perempuan bisa menjadi pemimpin, maka istrinya harus melahirkan anak laki-laki."

Ri, sebelumnya seorang vokalis kelompok Ponchonbo Electronic Ensemble, tidak menjadi sorotan dalam beberapa pekan terakhir, sebagaimana pada kehamilan pertamanya.

Maret tahun lalu, spekulasi berkembang bahwa dia melahirkan setelah foto-foto yang muncul di TV Korea Utara menunjukkan dia mengenakan rok ketat yang kontras dengan pakaian yang longgar yang dia kenakan pada Desember tahun sebelumnya. Tak ada konfirmasi resmi tentang kelahiran itu. Satu-satunya bukti lain tentang kelahiran muncul pada September ketika bintang basket Dennis Rodman mengatakan ia mengendong seorang bayi perempuan saat berkunjung ke negara itu dan bertemu Kim Jong Un bersama istrinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com